Pentingnya Peran Orang Tua Sebagai "Badan Sensor" Bagi Anak.

Kenanga Rara Ayunita H - bungakenang.com

Sumber : https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2776/ajari-anak-menjaga-privasi-di-media-sosial

Jakarta - Kebijakan belajar dari rumah mengharuskan orang tua berperan lebih bagi anaknya. Selain harus bertanggung jawab memilah informasi yang layak bagi anak, kini orang tua harus berupaya menjadi "Badan Sensor" terhadap tayangan, bacaan maupun gawai yang digunakan anak. 

Kebijakan belajar dari rumah selama masa pandemi covid-19 membuat anak-anak akan lebih sering mengakses gawai dan internet, baik keperluan belajar maupun bermain. Disinilah peran orang tua untuk mendampingi juga mengawasi kegiatan anak, agar aman dari bahaya yang mungkin mengintai ketika anak mengakses gawai dan internet. 

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak KEMEN PPPA Lenny N Rosalin menambahkan, perkembangan informasi dan teknologi mengakibatkan informasi dapat dengan mudah di akses secara cepat dan murah. Namun, bagaikan pisau bermata dua hal ini juga menimbulkan berbagai dampak negatif. 

Dampak negatif dari perkembangan teknologi dan informasi salah satunya adalah kejahatan siber, maka dari itu Lenny mengatakan bahwa orang tua bertanggung jawab untuk membangun ketahanan diri bagi anak agar mereka mampu memilah informasi yang layak bagi anak. 

Berdasarkan hasil survei Kementrian Komunikasi dan Informasi bersama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) menunjukkan, sebesar 64,8% atau mencapai 171,17 juta pengguna internet yang sudah terhubung. Dengan tingkat pengguna internet paling kuat ada pada anak usia 15-17 tahun yakni sebanyak 91%.

Comments

Popular posts from this blog

3 Strategi Kunci Pembelajaran dari Pandemi Sebelumnya.

Cupang Hias, Trend atau Hobi?