Seberapa Besar Peluang Penularan Covid-19 Melalui Udara?

Kenanga Rara Ayunita H - bungakenang.com

Sumber : Youtube BNPB Indonesia

Jakarta - Sebagai virus pernafasan, para ilmuwan tidak dapat menyangkal bahwa virus covid-19 ini dapat berpeluang menular melalui udara. Hal ini bukan lagi menjadi hal baru untuk diketahui bersama, dan semestinya tidak harus merasa panik. 

Dengan kebenaran ini Prof. Dr. Mahardika menjelaskan, bahwa penularan melalui udara bukanlah hal yang tidak mungkin tidak terjadi. Namun keadaan yang akan membuat ini akan mungkin terjadi yakni, ketika kita berada di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang kurang baik. 

Contoh sederhana dari penularan virus covid-19 melalui udara adalah ketika berada di kantor dengan sirkulasi udara dingin menggunakan air conditioner. Ketika ada salah seorang karyawan yang tidak menggunakan masker, lalu ia bersin atau batuk maka droplet (percikan) yang keluar dari mulutnya akan sangat mungkin melayang di udara dan menyebar diruangan tersebut. 

Dr. dr. Budi Bela sangat merekomendasikan penggunaan masker adalah yang paling penting, guna mengurangi resiko yang mungkin terjadi pada ruangan tertutup tersebut. Selain itu, pengaturan jarak antar karyawan juga menjadi salah satu kunci penting juga agar terhindar dari resiko tertular covid-19. 

Dari berbagai Studi yang telah dilakukan  para ilmuwan soal virus pernafasan, masyarakat diharapkan mampu mengikuti serangkaian protokol kesehatan yang telah di tetapkan secara disiplin dan diusahakan jangan panik soal pemberitaan yang tidak jelas penjelasan nya maupun sumbernya. 

Sumber : Youtube BNPB Indonesia "Benarkah virus covid-19 berada di udara"




Comments

Popular posts from this blog

3 Strategi Kunci Pembelajaran dari Pandemi Sebelumnya.

Cupang Hias, Trend atau Hobi?